Sunday, October 2, 2011

Trainning Of Trainer Guru SMP

Guru sebagai insan terdepan dalam pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting, baik dan tidaknya mutu pendidikan dipengaruhi oleh pelaksana pendidikan yang diemban oleh guru. Sebagai Pendidik guru dituntut selalu mengembangkan keilmuan dan potensinya. Untuk mengembangkan profesi dan kemampuannya banyak hal yang dilakukan seorang guru misalnya dengan mengikuti diklat, seminar dan pelatihan profesi guru.
Trainning Of Trainer (TOT) salah satu sarana untuk peningkatan kualitas guru karena melalui TOT guru dilatih kemampuan profesionalnya sesuai dengan tugas dan fungsinya yaitu mendidik dan mengajar. Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang guru, seorang guru wajib memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tugas guru adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peseta didik. Dalam mensukseskan tugas-tugas tersebut guru perlu selalu belajar dalah satu cara dengan mengikuti Trainning of Trainer (TOT).

Tujuan dari TOT adalah meningkatkan kemampuan guru :
1. Memahami pengembangan silabus dan RPP berorientasi karakter Bangsa
2. Memahami pengembangan Strategi pembelajaran.
3. Memahami pengembangan Penilaian Mata Pelajaran.
4. Dapat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
5. Menyongsong diberlakukannya Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Untuk menjawab tantangan peningkatan mutu guru, SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten  Tegal Mengirimkan peserta TOT Guru Penjas Orkes Tingkat Jawa Tengah yang diselenggaran oleh LPMP Jateng, mudah-mudahan melalui TOT yang dilaksanakan guru-guru di SMP Negeri 2 Tarub dapat mengembangkan mutu dan keprofesionalannya. Amin

2 comments:

antonie rezpector emotions said...

.smoga DUTA semakin maju !!!!!!!!!!!!

tetap semangat..


ex,.anton ch kajongan..

SMP NEGERI 2 TARUB TEGAL said...

trims ayo kita satukan visi untuk berkarya...